Minggu, 01 Januari 2012

YUK, SHALAT dan BERDOA BUAT ANAK KITA

Sepulang mengikuti pengajian rutin bulanan di sekolah Balqis, sepanjang jalan menuju kerumah aku masih teingat dengan isi pengajian kali ini yang kayaknya kok nempel terus dibenakku, apa karena masalah yang dihadapi oleh para orang2 tua yg sudah punya anak itu rata2 hampir sama ya? Orang tua rata2 mengeluhkan anak2 mereka yg tidak mau nurut kalo dibilangin, yg malas2an kalo shalat dan ngaji.....
Tapi kadang kita ne ya yg jadi orang tua yg nyuruh mereka shalat ngaji, patuh dan taat pada Pancasila eh orang tua, sopan pada guru, juga ngejalanin yg begitu waktu kecil ampe muda? ga ngerasa tuh pas disuruh ngaji ama ortu kita pas zaman dulu suka kabur dari masjid atau madrasah lebih milih main atau nonton kartun yg pada zaman itu (maklum TVRI yg cuma satu siarannya menayangkan karun pas jamnya anak2 ngaji, hihihi), kebayang ga sih pas ngebantah kalo dibilangin ma ortu, padahal baru kerasa kalo apa2 yg dibilangin itu ternyata benar.

 KAta Baginda Rasul anak tu ibarat kertas putih yg akan menjadi apa coretannya itu tergantung ma ortunya, lha begimana coretannya baek, kalo yg nyoret kertas itu adalah seorang yg kasar dan tidak tahu bagaimana menggoreskan penanya, mendingan kalo tuh garis atau tulisan dijadikan lukisan abstrak atau puisi yg menggoda (kan mayan buat tebar pesona, weleh apa hubungannya?), lha ini garis mlibet2 ga keruan ama bekas cekeran ayam aja kalah njlimet, ck..ck..ck..Astaghfirullah, apa ya namanya? Ortu, mentang2 punya hak veto dan hak dihormati dan dipatuhi semua perintahnya langsung maen suruh2 aja tapi dia sendiri ga ngerjai, pas sianak bilang, alah..papa/mama aja ga shalat/ngaji, tuh ortu dgn gampang langsung bilang papa/mama dulu udh pernah ngaji/shalat. yaelaahhh duluuu...itu juga ga nyampe khatam juz amma keburu kawin, wkwkwkkw (husss...bukan pengalaman pribadi).

 Padahal di surah As Saff ayat 2-3 Allah SWT jelas mengatakan agar ada keselarasan antara ucapan dengan perbuatan. Ga percaya? ni dia ayatnya: Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? ( Itu ) sangatlah dibenci di sisi Alloh jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan. ( Q.S. As-Saff : 2-3 ) kemudian di surah Al baqarah ayat 44: Mengapa kamu menyuruh orang lain ( mengerjakan ) kebajikan, sedangkan kamu melupakan dirimu sendiri, padahal kamu membaca Kitab ( Taurat )? Tidakkah kamu mengerti? ( Q.S Al-Baqarah : 44 ). weiissss...jelas bangetkan? Bahkan Baginda Rasul sekalipun ya ga pernah tu menyuruh melakukan sesuatu perbuatan sebelum beliau sendiri melakukannya, Subhanallah...“ Ana awalu waajibin maa amarokumbihi ”( Saya adalah orang yang pertama melakukan apa yang aku perintahkan kepadamu. )

Jadi....jelas bangeettt bapak2..ibu2...saudara sidang jumat eh saudaraku semua bahwa harus sinkron dong antara ucapan ma perbuatan pegimana orang mau disuruh ronda lha wong yang ngajak aja merem melulu kerjanya, apalagi anak2 sekarang kritis banget pemikirannya, ga bisa liat yang aneh dikit atau yg nyimpang dikit dari pola fikirnya pasti langsung dah ditanyain ampe berbuih mulutnya dan jengkelin kuping yg denger pertanyaannya. Tapi begitulah Allah menanmkan pemahaman ke otak mereka yg jenius yg cespleng yg bersih ga kayak otak2 kita yg kadang2 suka seleweng2 ga bener pemikirannya, (ngaku juga akhirnya). Nah...pas td pengajian dimulai yg temanya tenatang anak dan keluarga, pas sesi tanya jawab (sambil ngembatin kue2 yg disediai), ada ibu2 (ya iyalah masak anak gadis) yg nanya setelah didahului dengan salam perkenalan nama alamat dan no KTP (kalo yg belakangan ni ga ding): Ustadzah..gimana ya ustadzah agar anak saya mau mendengar perintah omongan dan taat pada saya, karena ustadzah..anak saya itu udh terlalu nakal ga bisa dibilangin lagi bandel banget kayak setan aja (yaelah anak dibilang kayak setan lha bapaknya apaan ya), tolong aga ustadzah mau memberikan solusi bagi permsalahan saya ini, (si ibu bertanya sambil memasang wajah sendu dan sekali2 plirak plirik ke piring kue kali pas lagi asyik bertanya kuenya habis diembat ma temen yg duduk dideketnya)....

Akhirnya ustadzah menjawab, ibu..permasalahan ibu itu hampir dimiliki oleh setiap orang tua, saya mau bertanya pada ibu, pernah ga ibu mendoakan dan mengirimkan Alfatihah yg khusus bagi anak2 ibu? ga pernah ustadzah..emang ada ya ustadzah, terus caranya pegimana? ibu2 yg laen juga kasak kusuk mendengar jawaban si ustadzah, udh kayak tawon terbang aja ruangan dengan ide2 sendiri, ada yg sok tau ngajarin, ada yg plonga plongo ga jelas nyimak pengajian apa lagi khayalan tingkat tinggi mikir cabe ga turun2 harganya, hihiih Terus ustadzah bilang, Insya ALLAH bu, begini caranya (backgroun kelabu dan mulailah masuk alur cerita, sambil lampu disorot ke panggung biar rame, hahha)

Pertama2 ibu2 shalat hajat dulu, empat rakaat dua kali salam, shalat ini merupakan bagian dari sahalat hajat yg dilakukan orang tua untuk anaknya agar si anak bahagia dunia akhirat, shaleh dan baik, patuh dan taat pada orang tua, serta sukses didalam hidupnya (AMIN).

 Terus pas rakaat pertama, membaca Surat Fatihah, dan Surat Al-Baqarah/2: 128 (10 kali) yaitu: Rabbanâ waj’alnâ muslimayni laka wa min dzurriyyatanâ ummatan muslima-tan laka, wa arinâ manâsikanâ wa tub ‘alayna innaka Antat Tawwâbur Rahîm. Ya Tuhan kami, jadikan kami berdua orang yang patuh kepada-Mu; jadikan keturunan kami ummat yang patuh kepada-Mu; tunjuk-kan kepada kami tempat-tempat ibadah haji kami; dan terimalah taubat kami, sesung-guhnya Engkau Yang Maha Menerima taubat dan Maha Penyayang.

 Rakaat Kedua, membaca Surat Fatihah, dan Surat Ibrahim 40-41 (10 kali) yaitu: Rabbij’alnî muqîmash shalâti wa min dzurriyyatî, Rabbanâ wa taqabbal du’â’. Rabbanaghfirlî wa li-wâlidayya wa lil-mu’minîna yawma yaqûmul hisâb. Ya Tuhaku, jadikan aku dan keturunanku orang-orang yang tetap mendirikan shalat; ya Tuhan kami terimalah doaku.Ya Tuhan kami, ampuni aku dan kedua orang tuaku serta orang-orang mukmin pada hari terja-dinya hisab (hari kiamat).

Rakaat pertama dalam shalat yang kedua: membaca Surat Fatihah, dan Surat Al-Furqan 74 (10 kali) yaitu: Rabbanâ hab lanâ min azwâjinâ wa dzurriyyatinâ qurrata a’yunin waj-’alnâ lil-muttaqîna imâmâ. Ya Tuhan kami, anugerahkan kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (Al-Furqan: 74)

Rakaat kedua dalam shalat yang kedua: membaca Surat fatihah, dan Surat Al-Ahqaf/46: 15 (10 kali) yaitu: Rabbi awzi’nî an asykura ni’mata-kal latî an’amta ‘alayya wa ‘alâ wâlidayya wa an a’mala shâlihan tardhâhu, wa ashlih-lî fî dzurriyyatî, innî tubtu ilayka wa innî minal muslimîn. Ya Tuhanku, tunjuki aku untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Kau berikan padaku dan pada kedua orang tuaku, dan supaya aku dapat beramal shaleh yang Engkau ridhai; anugerahi aku kebaikan dengan (memberi kebaikan) kepada keturunanku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada-Mu dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.

Setelah salam membaca doa berikut 10 kali: Rabbanâ hab lanâ min azwâjinâ wa dzurriyyatinâ qurrata a’yun waj’alnâ lil-muttaqîna imâmâ. Ya Tuhan kami, anugerahkan kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (Al-Furqan: 74).

Demikian pengajian hari ini diberikan oleh ustadzah tersebut yg diambil dr Kitab Mafâtihul Jinân, bab 2, halaman 215.

INsya Allah bermanfaat buat kita semua,.....AMIN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar