Rabu, 12 Maret 2014

Mengetahui Karakter Diri Melalui Juz Alquran : Part 1


Secara umum potensi dan karakter Juz 1 adalah sebagai berikut ;
1. Visi yang jauh kedepan. (Al-Fatihah)
2. Tipikal pekerja keras, tahan banting dan cenderung mampu bekerja dibawah tekanan (Al-Baqarah)
3. Mudah terjebak merasa tinggi atau kesalahan didalam mengambil keputusan (Al-A’raf)
4. Kemampuan bersosialisasi dan berinteraksi yang cukup tinggi, pandai bergaul – dan mampu bekerja dalam team-work (An-Naml)
5. Tipikal suka mencari-cari, meneliti dan eksplorasi. Umumnya menyukai Iptek (Saba)
6. Memiliki obsesi yang kuat untuk bermanfaat dimasyarakat dan menjadi pelindung keluarga. (An-Nahl)
7. Tipikal penakluk baik itu mungkin hobi, ilmu dan sebagainya – jika tidak terkendali sangat ambisius (Al-Fath)

ANALISIS UMUM

Secara umum – model orang Juz 1 mempunyai ciri khas dan karakter dasar yang menonjol pada visinya yang jauh, pekerja keras – bahkan mungkin mampu bekerja dibawah tekanan. Selain itu ia sangat pandai bersosialisasi serta menyukai eksplorasi atau segala bentuk inovasi teknologi yang terbaru. Biasanya kecenderungan kepada bidang iptek begitu tinggi.

Potensi dasar orang Juz 1 lainnya yaitu ia bertipikal Penakluk, artinya jika ia menginginkan ilmu atau hobi maka ia akan kejar ilmu atau hobi yang diminati sampai ia menaklukkannya. Jadi, positif atau negatifnya tergantung dengan apa yang diminatinya. Jika hobinya positif maka tentu saja positif buahnya dan sebaliknya. Untuk itulah orang tua yang mempunyai anak Juz 1 maka ia harus menjaga minat dan hobi anaknya. Tumbuhilah mereka sejak dini kepada minat, hobi atau pengetahuan yang sangat dibutuhkan bagi kehidupannya.

Secara matematis manusia – anak yang berjuz 1 berpeluang besar menjadi seorang yang sukses. Perhatikanlah berbagai potensi dasar yang dimilikinya sangat mendukung dan melancarkan proges kearah itu. Bukankah seseorang yang ingin sukses harus bervisi kedepan, memiliki kemampuan untuk bekerja keras, pandai berinteraksi menjaring koneksi atau hubungan, menyukai sesuatu yang baru serta memiliki semangat penaklukan. Bersyukurlah jika Anda, atau putra/i Anda berjuz 1, karena modal awal untuk maju dan sukses telah Anda atau anak Anda miliki.

Kekurangan yang paling pokok dari orang yang berjuz 1 adalah mereka mudah bosan, jika kebuntuan menghadang ia mudah menyerah, mudah terjebak pada ketinggian hati serta jika tidak terkendali sangat ambisius. Jelas, jika potensi dasar tersebut tidak terkendali atau tidak sejak dini dikendalikan dengan baik maka akan mengganggu perjalanannya menuju kesuksesan dan kebahagiaan.

Secara umum potensi dan karakter Juz 2 adalah sebagai berikut ;

1. Tipikal pekerja keras – tahan banting dan cenderung mampu bekerja di bawah tekanan (Al-Baqarah)

2. Temperamental atau emosional namun sesaat, sensitif lagi empati kepada sesama (Al-Lahab)

3. Obsesi yang kuat untuk bermanfaat pada keluarga dan masyarakat. Terkadang jika tidak suka kepada seseorang kata-kata yang dilontarkan sangat menusuk hati. (An-Nahl)

4. Tulus dan mudah membantu orang lain – bahkan terkadang berani berkorban untuk itu (Al-Ikhlas)

ANALISIS UMUM

Melihat Struktur Juz 2, dapatlah kita simpulkan karakter khas yang dimiliki orang yang ber-Juz 2 sangat emosional, mudah marah lagi terkadang sering meletup-letup karena ia dipengaruhi oleh Surat Al-Lahab. Memang emosi yang terjadi sangat sesaat, namun walaupun demikian tentu saja sangat tidak bagus jika tidak terkendali.

Dari sini juga kecerobohan selalu mengganggu langkah majunya. Saya katakan ceroboh – karena sering kali orang ber-Juz 2 apabila struktur tanggalnya tidak melahirkan potensi yang mengimbanginya akan cepat bertindak atau mengambil keputusan. Ini bukan berarti nalarnya tidak jalan namun seringkali itu terjadi karena perasaan atau emosinya lebih didahulukan.

Umumnya orang yang ber-Juz 2 cengeng, sensitif, perasa dan mudah iba dengan kesulitan orang lain. Akan tetapi, jika tidak terkontrol ia mudah berspekulasi dalam berbagai hal sehingga ia akrab dengan kesalahan didalam mengambil keputusan.

Orang yang ber-Juz 2 juga menonjol sifat suka berkorbannya untuk membantu orang lain. Baginya kebahagiaan adalah selepas membantu orang lain. Jika ia tidak terkendali maka keborosan bisa terjadi untuk itu.

Jika Anda memiliki anak yang ber-Juz 2 maka bersyukurlah karena Anda memiliki anak yang bertipikal pekerja keras, tahan banting. Surat Al-Baqarah yang dimilikinya melahirkan potensi yang luar biasa pada dirinya sehingga ia tahan banting dimedan tugas yang sarat dengan tekanan, misalnya dikejar deadline.

Secara umum potensi dan karakter Juz 3 adalah sebagai berikut ;

1. Tipikal pekerja keras, tahan banting dan mungkin mampu bekerja dibawah tekanan (Al-Baqarah)
2. Obsesi yang kuat untuk membangun keluarga (Ali-Imran)
3. Tipikal suka mencari-cari, meneliti dan eksplorasi. Umumnya menyukai Iptek (Saba)
4. Semangat yang tinggi mengejar target (Al-Anfal)
5. Pema’af (At-Taubah)
6. Mudah ngambek atau tersinggung namun dipendam kemarahannya (Yunus, Asy-Syamsu)

ANALISIS UMUM

Orang yang ber-Juz 3 juga sebetulnya ada sedikit kesamaan dengan potensi Juz 2, namun pada Juz 3 secara murni tidak memiliki potensi Surat Al-Lahab sehingga ia tidak meletup-letup kemarahannya – kecuali apabila struktur tanggal kelahirannya mengandung api (Surat Al-Lahab).

Secara umum kemarahan orang ber-Juz 3 dipendam didalam hatinya sehingga tidak tampak pada mulutnya. Jelas kombinasi Surat Yunus dan Asy-Syamsu disini sangat berperan besar sehingga ia cendrung menyimpan kemarahan. Akan tetapi, Asy-Syamsu yang memayungi orang Juz 3 membuatnya sangat terbuka dan tidak pilih kasih didalam bergaul. Sebagaimana matahari sinarnya selalu dipancarkan dan diterima oleh makhluk Allah yang heterogen tanpa kecuali.

Orang ber-Juz 3 diuntungkan dengan potensi Surat Ali Imran – serta Surat Saba yang mempengaruhi semangat pencariannya terhadap segala sesuatu.

Umumnya orang ber-Juz 3 sangat menyukai Iptek dan semangat mengejar cita-cita atau target yang sedang ada dibenaknya. Jika saja kedua potensi ini plus semangat kerasnya dioptimalkan dengan baik maka orang Juz 3 sedang berada pada jalur yang tepat untuk meraih kesuksesan.

Secara umum potensi dan karakter Juz 4 adalah sebagai berikut ;

1. Obsesi yang kuat untuk membangun keluarga (Ali-Imran)
2. Tulus dan tanggung jawab kepada keluarga – terkadang lemah/takut berlebihan untuk/ketika menghadapi konflik atau benturan dan ekstrimnya kurang PD. (An-Nisaa)
3. Pandai menutupi sesuatu pada dirinya dan pandai berdiplomasi (Al-Kafiruun)
4. Cenderung dapat menerima dan percaya sesuatu jika diberikan penjelasannya secara baik (Al-Mu’minuun)
5. Cenderung menyukai misteri-mistis-spiritual dan semangat mengayomi yang tinggi (Al-Kahfi)
6. Tipikal anti keterbelakangan, menyukai pencerahan spiritual dan berani berkorban demi orang lain dan kebenaran (Ibrahim)
7. Ada potensi sulit dikendalikan atau liar jika salah asuhan (Huud)
8. Polos, mudah dieksploitasi dan biasanya jika ada beban dan kesedihan disimpannya dalam hati (Yusuf)

ANALISIS UMUM

Orang Juz 4 umumnya low profil, tampak pada pandangan pertama kita melihatnya ia agak pendiam. Akan tetapi jika ia telah beradabtasi sedikit saja maka ia tidak kelelahan untuk diajak ngobrol panjang. 4 adalah nomor Surat An-Nisa yang berarti perempuan, sebagaimana kebanyakan kaum wanita yang senang ngobrol begitu pula umumnya orang yang ber-Juz 4.

Selain itu orang ber-Juz 4 pandai menyimpan sesuatu pada dirinya – lagi mereka pandai dalam berdiplomasi, membenci kejumudan dan menyukai pencerahan. Akan tetapi, sebagaimana wanita yang sering mengedepankan perasaannya begitu pula orang yang ber-Juz 4. Ia sangat sensitif, peka dan tidak dapat berkata tidak kepada orang yang memohon bantuan kepada dirinya.

Parahnya jika dominan potensi An-Nisa-nya, sering menyebabkan kurangnya rasa PD dan takut berlebihan ketika menghadapi urusan. Rasa mengalah kepada orang lain tampaknya begitu tinggi-tentu saja sikap ini jika berlebihan sangat tidak baik baginya, apalagi jika lahir dari rasa takut yang berlebihan semata pada dirinya.

Sebaiknya anak Juz 4 dibina dalam pendidikan yang dapat membangkitkan keberaniannya untuk menghadapi kerasnya kehidupan, sehingga ia tidak cengeng, minder serta berani berhadapan dengan kerasnya kehidupan.

Kelebihan yang paling menonjol dari orang Juz 4 yaitu rasa tanggung jawab dan sayangnya kepada anak serta pasangan hidupnya. Jika orang yang ber-Juz 4 itu perempuan maka ia jadilah ia wanita yang hangat dikeluarga dan penuh perhatian dirumah. Jika ia pria, maka betapapun – ia sangat perhatian dan penuh tanggung jawab kepada anak dan istrinya. Biasanya, suami yang ber-Juz 4 tidak akan canggung lagi untuk membantu istrinya didalam mengurus bayinya sampai urusan cuci popok anaknya sekalipun.

Saya pikir, jika Anda seorang wanita yang mau aman didalam mahligai pernikahan Anda – maka carilah orang yang ber-Juz 4 atau Juz lainnya yang dipenuhi potensi Surat 4, seperti Juz 5, 12, 18 dan sebagainya – karena umumnya orang dipengaruhi Surat An-Nisa sangat sulit untuk meninggalkan tanggung-jawabnya kepada anak dan istrinya.

Secara umum potensi dan karakter Juz 5 adalah sebagai berikut ;

1. Tulus dan tanggung jawab kepada keluarga – terkadang lemah/takut berlebihan untuk/ketika menghadapi konflik atau benturan dan ekstrimnya kurang PD (An-Nisaa)
2. Memiliki semangat ingin melayani orang lain (Al-Maaidah)
3. Mudah ngambek atau tersinggung namun dipendam kemarahannya (Yunuus)
4. Memiliki potensi mampu membaca Ayat-Ayat Allah baik yang bersifat kauniyah (alam semesta) atau Qur’aniyah.(Al-Isra)
5. Cenderung keras kepala namun kaya potensi spiritualnya (Al-Hijr)

ANALISIS UMUM

Komposisi Juz 5 yang hanya terdiri dari Surat An-Nisa walau tidak utuh, bisa dikatakan pengaruh potensi An-Nisa sangat besar. Pada Juz 3, komposisi Surat An-Nisa ditemani oleh sebagian dari Surat Ali Imran – sedangkan pada Juz 6, komposisi Surat An-Nisa ditemani oleh sebagian Surat Al-Maaidah.

Dengan demikian bisa dikatakan Juz 5 murni menerima potensi (sebagian) Surat An-Nisa tanpa ada Surat lainnya. Jelas, komposisi dan struktur Juz yang demikian membuat pengaruh Surat An-Nisa pada Juz 5 sangat begitu kuat.

Orang Juz 5 dalam beberapa sifat yang menonjol sama dengan orang yang ber-Juz 4, seperti sifat sangat peduli dan bertanggung jawabnya terhadap anak serta pasangan hidupnya. Perasaan yang halus, sensitive, romantis mewarnai sikapnya sehari-hari. Terkadang muncul ketergantungan, rasa tidak percaya diri serta rasa takut yang berlebihan pada dirinya ketika dihadapkan permasalahan yang menegangkan.

Umumnya orang yang dipengaruhi Juz 5 – bersikap mudah mengalah, tidak tegaan, menghindari atau lari dari benturan. Jika Anda memiliki putra yang ber-Juz 5 maka Anda harus melatih mentalnya dengan baik agar perasaannya tidak menjadi komandan serta keberaniannya berkembang dengan baik.

Jika Juz 5 marah, maka marahnya dipendam – ia tidak munculkan ekspresinya secara langsung. Jelas disini pengaruh Surat Yunus membuatnya mudah ngambek atau tersinggung, namun ekspresi kemarahannya disimpan dengan cantik pada dirinya. Sehingga tampak dipermukaan kesabaran lebih kita sering lihat dari orang yang ber-Juz 5 didalam menghadapi benturan dengan orang lain.

Secara umum potensi dan karakter Juz 6 adalah sebagai berikut ;

1. Sayang keluarga dan bertanggung-jawab (An-Nisaa)
2. Memiliki potensi daya tarik yang bersumber dari dalam diri (Al-Maaidah)
3. Produktif (Al-An’am)
4. Pandai membangun jaringan (Al-Ankabut)
5. Energik didalam berbicara (Al-Infithaar)
6.Teperamental, meletup-letup jika marah namun hanya sesaat (Al-Lahaab)
7. Menyukai pencerahan – anti keterbelakangan serta berani berkorban untuk orang lain atau yang dipandangnya benar. (Ibrahim)
8. Mudah ngambek atau tersinggung (Yunuus)
9. Pandai melobi atau berorganisasi (Al-Ahzaab)

ANALISIS UMUM

Karakter dan potensi dasar yang dimiliki Juz 4 dan 5 juga ada dan cukup kental pada Juz 6 – akan tetapi orang Juz 6 padanya potensi mudah marah yang meletup-letup dan tidak jarang ekspresi marahnya dipengaruhi Surat Al-Infithar yang menyebabkan kemarahannya diiringi kata-kata yang keluar dengan sangat energik.

Umumnya cara berbicara Juz 6 sangat energik. Jika Anda pernah mendengar Ceramah Zainudin MZ, pidato Sukarno dan sebagainya – itulah cara berbicara yang dipengaruhi potensi Surat Al-Infithor. Juga tampak karakter dasar suka berkorban (jika tidak terkendali dengan baik membuat orangnya mudah boros), mudah tersinggung serta kepandaian didalam melobi menjadi bagian sifat yang menonjol orang yang ber-Juz 6.

Secara umum potensi dan karakter Juz 7 adalah sebagai berikut ;

1. Memiliki semangat ingin melayani orang (Al-Maaidah)
2. Produktif (Al-An’am)
3. Memiliki potensi psikologis mudah merasa berada ditempat yang tinggi sehingga mudah jatuh atau merasa lebih dari orang lain (Al-A’raf)
4. Berpotensi memiliki sifat sulit ditebak – umumnya jika ia memiliki 2 Surat apalagi lebih Surat-Surat Mutasyabihat yang nama Suratnya sama dengan Ayat pertamanya, seperti Surat Yasin, Shaad dan sebagainya maka orang ini menjadi pendiam atau tertutup/intropert (Shaad)
5. Suka menolong orang (An-Nashr)
6. Menyukai Iptek atau eksplorasi (Sabaa)
7. Kemandirian dan cenderung kaya spiritual (Maryam)
8. Memiliki sumber energi potensial pada dirinya yang jika dioptimalkan sangat bermanfaat bagi dirinya khususnya (Ar-Ra’du)

ANALISIS UMUM

Yang paling menonjol dari Juz 7 adalah kemandiriannya kuat, namun hubungan yang sangat dekat dengan ibunya sehingga tertkadaang kemanjaan sering timbul pada dirinya. Jelas, jika Anda memiliki Anak ber-Juz 7 maka Anda perlu mencegah kemanjaan pada dirinya berkembang pesat sehingga sangat tidak sehat bagi masa depannya kelak.

Selain itu, orang ber-Juz 7 menyukai bantu orang, eksplorasi dan inovasi-inovasi baru. Juga, umumnya mereka memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar pada bidang Iptek serta mulutnya tajam. Jika tidak terkendali orang yang ber-Juz 7 mudah merasa ditempat yang tinggi sehingga ia ceroboh atau merasa lebih dari yang lain.

Kelebihan lain dari orang Juz 7 yaitu mereka memiliki potensi mistis atau kaya spiritual. Jika saja potensi tersebut diasah secara baik maka mereka akan memiliki berbagai kelebihan diluar nalar-terlebih lagi pada dirinya potensi Ar-Ra’du yang energinya sangat besar manfaatnya untuk dirinya.

Secara umum potensi dan karakter Juz 8 adalah sebagai berikut ;

1. Produktif jika diberdayakan – namun jika tidak terkendali ia mudah membebek kepada orang lain (Al-An’am)
2. Ada kondisi psikologis merasa ditempat tinggi sehingga jika tidak terkendali terjebak pada kecerobohan atau sikap merasa lebih dari orang lain (Al-A’raf)
3. Semangat mengejar target yang sedang ada dibenaknya dengan tidak mengenal waktu, jika tidak terkendali manajemen waktunya buruk (Al-Anfaal)
4.  Mudah iba dan empati kepada sesama (Ar-Rahman)
5. Jika tidak terkendali merasa lebih baik dan diatas (Al-A’la)
6. Cenderung menyukai cerita, dongeng atau suka bercerita. (Al-Qashash)
7. Memiliki kemampuan untuk memahami Ayat-Ayat Allah, baik itu Kauniyah (alam semesta) atau Qur’aniyyah.( Al-Isra’)
8. Mudah ngambek (Yunuus)
9. Jika marah dan ia memiliki potensi Al-Lahab maka kemarahannya akan diiringi suara menggelegar bagaik petir. Juga umumnya ia memiliki potensi energi (bio-listrik) yang besar pada diirinya-yang jika diberdayakan sangat bermanfaat bagi dirinya (Ar-Ra’du)

ANALISIS UMUM

Umumnya orang yang ber-Juz 8 – sesuai dengan nomor Juz-nya dipengaruhi Surat Al-Anfal. Tidak aneh orang Juz 8 energik. Terlebih lagi jika mereka memiliki keinginan yang ada dihatinya. Mereka akan kejar habis-habisan, tidak kenal waktu serta terkadang nekat. Jika potensi ini tidak terkendali dengan baik maka orang Juz 8 akan sulit mengatur waktunya. Jika manajemen waktu buruk maka kiamatlah resikonya – oleh karena itu maka Surat Al-Anfal ayatnya 75. 75 itu sendiri adalah nomor Surat Al-Qiyamah (Hari Kiamat).

Selain itu, Juz 8 orangnya produktif, mudah iba melihat penderitaan orang. Negatipnya orang Juz 8 – jika tidak terkendali maka mereka mudah merasa diatas orang atau tinggi hati. Gabungan Surat Al-A’raf dan Al-A’la pada dirinya – cukup berat bagi orang ber-Juz 8 untuk mengendalikan potensi buruk tersebut. Oleh karena itu jika Anda atau anak Anda ber-Juz 8 – maka sangat diperlukan sejak dini arti pentingnya rendah-hati serta bahaya sombong.

Pada diri orang yang ber-Juz 8 juga ada potensi energi dahsyat dan sangat berguna jika diberdayakan secara maksimal ; lagi, mereka umumnya memiliki kemampuan membaca ayat-ayat Allah baik bersifat Kauniyah (alam semesta) atau Qur’aniyah dengan sangat baik. Tentu saja dengan kemampuan itu berbagai penemuan ilmiah atau kekayaan Al-Qur’an dapat dieksplorasi oleh dirinya. Sedikit saja mereka mau mengamati alam (menjadi peneliti atau ilmuan) maka berbagai rahasia alam semesta dapat ditemukannya. Begitupula mereka yang berusaha menggali potensi Al-Qur’an – maka ditangannya modal yang cukup bagus untuk menemukan berbagai rahasia Al-Qur’an.

Secara umum potensi dan karakter Juz 9 adalah sebagai berikut ;

1. Ada kondisi psikologis merasa ditempat tinggi sehingga jika tidak terkendali terjebak pada kecerobohan atau sikap merasa lebih dari orang lain (Al-A’raf (7)

2. Semangat mengejar target yang sedang ada dibenaknya dengan tidak mengenal waktu, jika tidak terkendali manajemen waktunya buruk (Al-Anfaal)

3. Pemaaf (At-Taubah)

4. Memiliki semangat melayani orang (Al-Maaidah)

5. Tidak mudah percaya kecuali ada bukti – baik bukti logis atau sesuatu yang luar biasa (Al-Mu’min)

6. Jika tidak terkendali mudah menyerah jika menghadapi kebuntuan. Bahkan, orang yang dipengaruhi Surat ini jika tidak dewasa spiritualnya – kecendrungan ingin orang lain bertekuk lutut pada dirinya cukup kuat (Al-Jatsiyah)

7. Memiliki potensi kekayaan mistis-spiritual yang cukup tinggi dan menyukai misteri (Al-Kahfi)

8. Tidak menyukai keterbelakangan dan aktif dalam proses pencerahan diri (Ibrahim)

9. Sayang, peduli dan bertanggung jawab pada keluarga (An-Nisaa)

ANALISIS UMUM

Umumnya orang yang ber-Juz 9 cenderung selalu aktif tidak kenal diam sama dengan Juz 8, bahkan Juz 9 mungkin melebihi semangat dari Juz 8. Keaktifan mereka khususnya didalam mengejar tujuan atau keinginan yang sedang ada dibenaknya. Seringkali mereka tidak kenal waktu untuk mengejar target yang dikejarnya sehingga jika tidak terkendali manajemen waktunya sangat buruk.

Orang Juz 9 juga sebetulnya gampang untuk menerima sesuatu yang penting ada argumentasi yang meyakinkan atau ada bukti jelas. Kelemahannya yang cukup fatal jika ia tidak atasi adalah gampangnya ia menyerah jika menghadapi kebuntuan. Jika potensi itu tidak muncul – tanpa kedewasaan spiritual yang memadai orang ber-Juz 9 cendrung ingin orang takluk-menyerah pada dirinya.

Secara umum ketidak sukaannya pada kejumudan dan aktif didalam pencerahan dirinya adalah sebagai modal awal yang menyebabkan orang Juz 9 selalu terbuka untuk perubahan dirinya.

Beberapa orang yang saya kenal dan ber-Juz 9 ternyata cenderung menyukai mistis atau sesuatu yang berbau spiritual terlepas itu rujukannya ke Islam atau klenik-klenik yang jauh dari Islam. Saya melihat ada potensi Al-Kahfi disini berperan maksimal pada dirinya, bahkan diantara mereka ada yang memiliki kelebihan supranatural tertentu. Saya percaya – jika orang ber-Juz 9 memaksimalkan potensi spiritualnya dengan baik maka ia akan melihat potensi spiritualnya berkembang pesat.

Perjalanan orang Juz 9 biasa terhambat spiri-tualnya dan juga menghambat langkah menuju kesuksesannya jika seandainya potensi merasa diatas orang lainnya dominan menguasai dirinya. Jelas potensi ini harus dikendalikan dengan baik agar terlepas dari implikasi buruk jika mendominasinya.

Secara umum potensi dan karakter Juz 10 adalah sebagai berikut ;

1. Semangat mengejar tujuan yang ada dibenaknya terkadang tidak kenal waktu – jika tidak terkendali manajemen waktunya sangat buruk.(Al-Anfaal)

2. Pema’af (At-Taubah)

3. Mudah ngambek (Yunuus)

3. Kreatif dan inovatif (Fathir)

4. Mudah bosan (Adh-Dhuha)

5. Tidak menyukai keterbelakangan dan aktif didalam pencerahan (Ibrahim)

6. Memiliki kemampuan untuk membaca atau menggali Ayat-Ayat Allah, baik yang bersifat Kauniyah (alam-semnesta) atau Qur’aniyyah (Al-Isra)

7. Produktif (Al-An’am)

8. Jika menerima salah asuhan mudah liar atau sulit dikendalikan (Huud)

9. Memiliki potensi daya-tarik yang bersumber dari dalam diri (Al-Maidah)

ANALISIS UMUM

Orang yang ber-Juz 10 umumnya sangat semangat, energik khususnya jika ia memiliki tujuan yang sedang dikejarnya. Mereka siap mengejarnya kapanpun tanpa melihat waktu. Implikasi mereka sering buruk didalam manajemen waktunya. Juga mereka banyak inovasi serta kreatifitasnya menonjol. Jika kita memberikan kesempatan kepadanya untuk menangani sesuatu maka ia tidak kurang improvisasinya. Akan tetapi sayangnya ia terkadang cepat bosan. Inilah gangguan terbesar orang yang ber-Juz 10 didalam meraih kesuksesan dan kebahagiaan.

Anak yang ber-Juz 10 hendaklah dijaga jangan salah menerima asuhan dan pola pendidikan. Sedikit saja kita keliru – maka ia akan mudah menjadi liar dan sulit untuk dikendalikan. Binalah sifat ketidaksukaannya kepada kejumudan dan selalu aktif mencari perubahan positip (pencerahan) agar selalu tumbuh berkembang sehingga semakin berkembang berbagai potensi positifnya yang ada dan lahir dari struktur tanggal kelahirannya dan pada saat yang sama potensi negatifnya dapat terminimalkan – lagi dapat terkendali.

Secara umum potensi dan karakter Juz 11 adalah sebagai berikut ;

1. Mudah mema’afkan (At-Taubah)

2. Mudah marah (Yunuus)

3. Jika sedikit saja menerima pola asuh yang salah akan mudah liar atau sulit dikendalikan (Huud)

4. Berpotensi memiliki sifat sulit ditebak – umumnya jika ia memiliki 2 Surat apalagi lebih Surat-Surat Mutasyabihat yang nama Suratnya sama dengan Ayat pertamanya, seperti Surat Yasin, Shaad dan sebagainya maka orang ini menjadi pendiam atau tertutup/intropert (Yaasin)

5. Kemampuan diplomasi yang cukup baik (Al-Kaafirun)

6. Memiliki semangat melayani orang (Al-Maidah)

7. Terkadang kata-katanya tajam dan memiliki obsesi untuk bermanfaat bagi keluarga dan umat manusia. (An-Nahl)

8. Jika tidak terkendali mudah ceroboh atau merasa lebih dari orang lain.(Al-A’raf)

ANALISIS UMUM

Orang yang ber-Juz 11 cenderung mudah mema’afkan orang lain. Akan tetapi, jika ia disakiti orang sementara orang itu pernah dibantunya misalnya maka jika tidak terkendali sumpah serapah dan kata-kata pedas lainnya mudah terlontar. Potensi ini ada pada setiap orang namun orang yang memiliki potensi Surat At-Taubah cenderung seperti itu. Tentu saja-semuanya tergantung kecerdasan emosional dan spiritualnya.

Selain itu, Orang Juz 11 perlu dijaga dengan baik agar jangan salah asuh atau kurang menerima pencerahan spiritual, mengingat mereka mudah menjadi sulit untuk dikendalikan jika kurang terkontrol baik.

Kemampuan diplomasi orang Juz 11 juga sangat menonjol – cocok jika ia ditempatkan pada bidang pemasaran atau diplomat sekalipun. Kemampuan ini jelas sangat bagus jika dikembangkan sejak dini – apalagi Juz 11 memiliki daya tarik alami tersendiri – lagi kemampuan melayani cukup baik. Memang, Juz 11 orangnya cenderung mudah ngambek – akan tetapi mereka selain sangat pema’af juga kepekaan sosialnya cendrung sangat tinggi.

Secara umum potensi dan karakter Juz 12 adalah sebagai berikut ;

1. Mudah liar atau tidak terkendali jika menerima pola asuh yang salah (Huud)

2. Polos, mudah dieksploitasi lagi banyak menyimpan kesulitan pada hatinya – namun tahan banting (Yusuuf)

3. Mudah mema’afkan (At-Taubah)

4. Kokoh serta memiliki potensi kekayaan spiritual yang cukup besar jika dioptimalkan (Ath-Thuur)

5. Jika menginginkan sesuatu ingin cepat – tidak sabaran (Al-Waqiah)

6. Memiliki obsesi untuk bermanfaat bagi keluarga dan umat manusia, semangat melindungi keluarga (An-Nahl)

7. Mudah ngambek (Yunuus)

8. Produktif (Al-An’am)

9. Pandai membangun jaringan (Al-Ankabuut)

ANALISIS UMUM

Umumnya orang yang ber-Juz 12 polos, cenderung menyimpan apa yang dirasakannya didalam hatinya. Tentu saja jika berlebihan akan sangat berbahaya bagi kesehatan dirinya. Selain itu, orang ber-Juz 12 karena banyak memendam apa yang dihadapinya maka dalam jangka pendek terlihat kesabaran yang ada pada dirinya. Sebenarnya kondisi ini harus diwaspadai agar potensi Surat Hud-nya tidak mendominasi. Untuk itu Juz 12 perlu selalu diajak dialog dari hati-kehati khususnya jika ia banyak berinteraksi dengan sesuatu yang dicurigai negatif.

Memang Orang Juz 12 cukup tahan banting – lagi kokoh laksana kokohnya sebuah bukit (Thursina), akan tetapi jika tidak hati-hati api yang ada secara natural pada dirinya akan mengganggu kondisi psikis atau jiwanya yang tentu saja sangat membahayakan atas kesehatannya. Memang api yang ada biasanya hanya akan menyebabkan ia mudah ngambek namun tidak jarang dapat meledak-ledak jika kontrol dirinya kurang.

Kelebihan orang Juz 12 adalah pandai menjaga amanah – bahkan saya berpendapat ia mempunyai potensi untuk menerima kekayaan spiritual yang tak terbatas. Surat Ath-Thur yang memayungi dirinya menunjukkan makna seperti itu. Bukankah Bukit Thursina adalah Bukit pilihan untuk menjadi tempat Musa berdialog dengan Allah? Selain itu orang Juz 12 sangat sayang, penuh perhatian serta penuh tanggung-jawab kepada keluarganya.

Secara umum potensi dan karakter Juz 13 adalah sebagai berikut ;

1. Polos, mudah dieksploitasi lagi banyak menyimpan kesulitan pada hatinya. (Yusuuf)

2. Memiliki sumber energi potensial yang sangat besar manfaatnya apabila diberdayakan secara tepat dan maksimal – namun jika tidak terkendali akan membebani dan mengganggu psikologis kejiwaannya (Ar-Ra’du)

3. Tidak menyukai keterbelakangan dan aktif didalam pencerahan diri (Ibrahim)

4. Cenderung keras kepala (Al-Hijr)

5. Jika marah – mudah memutuskan dan memerlukan waktu lama untuk berhubungan kembali (Al-Hasyr)

6. Menyukai seni atau keindahan, baik menata diri, ruangan atau lainnya (Az-Zukhruf)

7. Kokoh dan pandai menjaga amanah atau memiliki potensi kekayaan spiritual yang cukup besar (Ath-Thuur)

8. Memiliki Visi yang jauh kedepan (Al-Fathihah)

9. Kreatif dan Inovatif (Fathir)

10. Mandiri (Maryam)

11. Produktif (Al-An’am)

12. Jika tidak terkendali merasa diatas, lebih baik dari orang lain atau ceroboh dalam melakukan tindakan. (Al-A’raf)

13. Jika tidak terkendali membuatnya tertutup untuk menerima berbagai perubahan atau malas melakukan apapun ketika kebingungan melanda (Al-Muzammil)

ANALISIS UMUM

Perhatian kepada keindahan, baik langsung berkaitan dengan seni atau tidak umumnya kental pada orang yang ber-Juz 13. Terlebih lagi untuk kaum wanitanya – sering tampak terekspresi dari caranya berdandan. Ruang kamarnya atau rumahnya tertata rapi dan indah. Akan tetapi, cara berbicaranya jika kurang kontrol cenderung tajam dan nyelekit untuk didengar.

Orang 13 umumnya cenderung keras kepala. Memang orang Juz 13 ada keras kepalanya walau tidak terlalu besar mengingat Surat Al-Hajr pada Juz 13 hanya 1 ayat saja. Maknanya sifat keras kepalanya tidak terlalu besar. Akan tetapi jika marah sulit dan membutuhkan waktu yang cukup untuk berhubungan kembali mengingat pengaruh potensi Surat Al-Hasyr padanya. Jangan tanya tentang kreatifitas serta inovasinya. Umumnya mereka sangat inovatif dan kreatif. Lagi ia sangat mandiri dan produktif. Secara matematis jika mereka bisnis – mereka tidak kurang gagasan dan improvisasi. Apalagi, ia sangat tidak suka keterbelakangan dan upaya mencari nilai-nilai kebenaran kuat pada dirinya. Sayangnya – jika mereka mendapatkan hambatan maka perasaan bingung untuk melangkah selanjutnya sering muncul dan mengganggunya.

Bagi mereka yang ber-Juz 13, waspadailah emosi dan sifat keras kepala yang terkadang muncul mengganggu . Anda diuntungkan dengan memiliki sumber energi yang dahsyat dan jelas sangat bermanfaat bagi Anda. Akan tetapi, jika energi tersebut tidak Anda rawat dan tersalur pada saluran yang tepat, taruhannya adalah kesehatan Anda – khususnya dikepala atau syaraf otak.

Secara umum potensi dan karakter Juz 14 adalah sebagai berikut ;

1. Tidak suka keterbelakangan dan aktif mencari pencerahan (Ibrahim)

2. Cenderung keras kepala (Al-Hijr)

3. Memiliki obsesi bermanfaat bagi sesama dan pelindung keluarga (An-Nahl)

4. Berpikir logis dan mengedepankan bukti (Al-Bayyinah)

5. Tulus didalam membantu orang (Al-Ikhlas)

6. Humanis dan memandang perbedaan dengan dimensi tauhid (Al-Hajj)

7. Produktif (Al-An’am)

8. Cenderung mengikuti aturan didalam bertugas (Ash-Shofat)

ANALISIS UMUM

Umumnya orang yang ber-Juz 14 – mudah menerima perubahan untuk pencerahan dirinya. Disini symbol Ibrahim sangat kental. Keberanian berkorban untuk sesuatu yang diyakininya sangat kental padanya. Memang orang Juz 14 ada keras kepalanya – akan tetapi komposisi ayatnya yang ada pada Surat Al-Hijr sebanyak 98 membuatnya gampang ditaklukkan dengan diajak untuk berpikir logis dan dibawakan berbagai bukti yang meyakinkan. Dengan adanya potensi Surat 98 itulah menjadi jalan keras-kepalanya dapat ditaklukkan dengan argumentasi logis. Terlebih lagi pada Juz 14 pengaruh Surat 14 sangat kuat yang membuatnya aktif mencari nilai-nilai kebenaran sejati.

Orang 14 juga dengan komposisi Surat Al-Hajj, Ibarahim serta An-Nahl menyebabkan mereka suka membantu orang – bahkan, kecenderungan boros bisa saja terjadi jika tidak dilatih sejak dini kecerdasan emosionalnya.

Selain itu potensi Surat Al-Hajj menyebabkan orang Juz 14 sangat menjaga nilai-nilai kemanusiaan universal yang anti diskriminatif. Jika Anak Anda ber-Juz 14, binalah ia dengan pendekatan logis untuk meminimalkan potensi keras kepalanya dan tumbuhkan terus potensi cara pandangnya tentang manusia. Dengan sedikit diberikan ajaran Tauhid maka akan muncul sikapnya yang peduli kepada sesama, anti penindasan, cinta kebenaran dan pelindung keluarga serta semangat untuk hidup bermanfaat bagi manusia.

Secara umum potensi dan karakter Juz 15 adalah sebagai berikut ;

1. Cenderung keras kepala (Al-Hijr)

2. Memiliki potensi untuk membongkar rahasia kebesaran Allah baik kauniyah (alam-semesta) atau Qur’aniyah (Al-Israa)

3. Memiliki potensi mistis dan spiritual (Al-Kahfi)

4. Mudah marah dan acap-kali meletup-letup (Al-Lahab)

5. Jika tidak terkendali pasif atau menutup diri atau malas melakukan apapun (Al-Mudatsir)

6. Semangat dan pantang menyerah untuk mengajak manusia kepada kebenaran (Nuuh)

7. Memiliki kemampuan Verbal yang cukup baik (Al-Anbiyaa)

8. Selalu menekan perasaan (Yusuuf)

9. Mudah mema’afkan orang (At-Taubah)

10. Bervisi jauh kedepan (Al-Fathihah)

ANALISIS UMUM

Orang yang ber-Juz 15 umumnya bervisi jauh kedepan namun cenderung keras kepala, sangat sensitive, mudah marah dan jika marah acap-kali meledak-ledak. Walau itu hanya sesaat namun sudah pasti itu sangat mengganggu. Api yang ada Juz 15 sangat tinggi, apalagi jika tekanan perasaan telah menggunung.

Kelebihan Juz 15 – dari sisi mistis dan spiritualnya. Dengan adanya pengaruh Surat Al-Hijr, Al-Isra dan Al-Kahfi pada Juz 15 saja membuat potensi spiritual orang Juz 15 begitu cukup tinggi jika diasah dan dikembangkan dengan baik. Apalagi potensi kemampuan verbal orang Juz 15 cukup baik. Jadi jika mereka menjadi konsultan spiritual misalnya ia telah memiliki modal awal yang cukup bagus untuk itu.

Selain itu, orang Juz 15 tahan banting dan tidak mudah menyerah kalah walaupun berbagai kegagalan menghantamnya. Pengaruh Surat An-Nuh disini sangat signifikan sekali pada orang Juz 15 apalagi diperkuat dengan potensi Surat Yusuf padanya. Akan tetapi – potensi Surat Al-Mudatstsir cukup berbahaya pada dirinya – mengingat bisa terjadi jika pada kondisi tertentu orang Juz 15 menutup diri. Jika ini dilakukan maka tentu saja sangat berbahaya. Allah sendiri mengisyarakan kearah itu mengingat Surat Al-Muddatsir berayat 56. Jika kita rujuk 56 kepada nomor Surat Al-Qur’an adalah Surat Al-Waaqi’ah.

3 komentar:

  1. Subhanallah, ilmu yang bisa saya terapkan nih, makasih banget ilmunya

    BalasHapus
  2. Bloger palsu tentang kajian juz...silahkan klik dipencarian yg asli google AL QITRI.penjajian luqman sumabrata..

    BalasHapus
  3. Bloger palsu tentang kajian juz...silahkan klik dipencarian yg asli google AL QITRI.penjajian luqman sumabrata..

    BalasHapus