Minggu, 01 Januari 2012

Sekar Mocopat Tanpa Tandhing Ajinira sinawung ing Pocung

THOLE KUNCUNG, LAMUN SIRA NGUDI NGELMU, JA PISAN SEMBRANA, AWIT NGELMU MIGUNANI, TANPA IKI URIPMU BAKAL REKASA....


  WIT WONG SEPUH, INGKANG WUS BODHO KEBACUT, ANANE MUNG PASRAH, ORA BISA ANGGETUNI, MARGA NGERTI GETUN MBURI TANPA GUNA. ANAK PUTU, ORA KENA MELU-MELU, DADI WONG KLUYURAN, AWIT MARAKAKE LALI, GAWEYANMU KUDU RAMPUNG SABEN DINA.

 DISINAU, AWAK AJA NGANTI NGELU, AMRIH KABEH LANCAR, MULA KUDU NGATI-ATI, SABEN DINA ULAH RAGA DIMEN KUWAT. LAMUN ESUK, AJA PISAH WEGAH WUNGU, BANYU ANENG NJANGAN, IKI PITUDUH SAYEKTI, IKU LAMUN DIPUN UDI APIK TENAN. PANCEN KUDU, SOLAH TINGKAH INGKANG CAKUT, JANGKAHMU SIH AMBA, GOLEK MULYA JAMAN MANGKIN, ISIH AKEH IDHAM-IDHAMAN INGKANG MULYA.

 YEKTI KOJUR, UWONG BODHO KAYA AKU, SASAT LAWE KLASA, AJI GODHONG JATI AKING, EMAN-EMAN YEN URIP DITINGGAL JAMAN. RUMANGSAMU, APA JAMAN ORA MAJU, IKI KUDU TANGGAP, NGELMU PERLU KANGGO URIP, PAWITAN KANG TANPA TANDHING AJINIRA.

 Saat seseorang mencari ilmu yang pertama kali perlu diperhatikan adalah memahami pentingnya ilmu. Kenapa harus tahu ilmu? Sebab tanpa ilmu, hidup ini akan terasa susah dan hampa yang berakibat nanti kita akan sengsara. Sehingga kita tidak boleh “sembrana” atau kurang berhati-hati. Beda dengan orang yang punya ilmu, dia akan lebih waspada karena tahu sebab akibat dari pikiran, niat, dan tingkah lakunya.

 Kalau usia sudah memasuki tua yang sudah terlanjur menjadi “bodoh” adanya hanya pasrah dan tidak bisa meratapi nasibnya di kemudian hari. Sebab bila meratapi nasib maka hal tersebut tidak ada gunanya. sebagai generasi muda kita tidak boleh ikut-ikutan kebiasaan yang kurang bagus tersebut.

 Apalagi jadi orang yang tidak punya visi dan misi hidup atau jadi orang “keluyuran” karena hal tersebut mengakibatkan lupa pada pekerjaan yang harus diselesaikan setiap hari. Maka, belajarlah jangan sampai bingung supaya semuanya jadi lancar.

 Maka harus berhati-hatilah agar setiap hari tubuh dan raga kita bisa kita olah dengan sebaik-baiknya. Agar menjadi kuat dan sehat. Setiap pagi, jangan malas bangun pagi. Sebab embun pagi adalah sebuah petunjuk yang nyata sebab hawa pagi itu sangat bagus untuk dicari.

 Begitulah. Bahwa langkahmu masih panjang untuk mencari kemuliaan di jaman sekarang yang masih dicita-citakan yaitu yang mulia. Orang yang bodoh bakal mengalami nasib buruk seperti tikar yang rusak dan perlu dibuang, masih bermanfaat daun jati yang kering.

 Maka sayang bila hidup ini kita ketinggalan jaman. Anggapanmu, apakah jaman itu berjalan di tempat? Kita harus tanggap bahwa ilmu itu perlu untuk hidup. Modal yang tiada bandingannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar