Sabtu, 01 Maret 2014

Soerabaja..... oh..... soerabaja................

Lagi duduk-duduk sambil BBM-an dengan teman yang dijogja saya kok jadi ingat saat ngebolang sendirian tahun 2012 kemaren...dan ternyata panggilan buat ngebolang itu makin kuat ditambah dengan rayuan terhadap suami mengatas namakan anak kami yang akan tamat SD dan masuk ke pesantren di Medan...hahahah..plus dengan menunjukkan tabungan Si Ima yg udah berusaha nabung buat ongkos ngebolang ala backpacker bareng emaknya...akhirnya izin buat ngebolang pun keluar saat Ima siap ujian UN bulan Mei.
Browser sana sini...sambil kontek teman2 yg mau diajak ngebolang bareng..alhamdulillah semua sampai saat ini sudah didapatkan..penginapan (ini penting buat para petualang asmara eh buat para pelancong khususnya buat para pelancong wisata yang bermodal cekak ala backpacker)...hihihi...yah walaupun ngebackpacker dengan bekal seadanya tapi ga jugaa kalee kalo harus tidur di halte bus atau dimasjid...bisa2 malah sama imam mesjidnya dibangunin disuruh pindah kerumahnya plus disiapin sarapan pagi...nah lhoo asyikkaaan?....qiqiqiq...sehingga memilih penginapan yang murah ldan nyaman (ala kadarnya toh buat tidur kalo malam doang)...adalah pilihan pertama...yang kedua adalah tempat makan yang murah meriah dan ngenyangin...gizinya ntar azzaa...bisa disokong pake vitamin...wkwkwkw...lalu segala macam bentuk transportasi yg pastinya harus diirit dan dikentit...namanya juga ngebackpacker yaah atau sebutlah half backpacker (lha wong dr Medan naek pesawat...terus dr Surabaya Jogja naeknya kereta api bisnis)...tapi dengan pandainya memilih transportasi yang murah dan layak pakai (ga nyampe naek truk ngangkut sayur lintas pulau jugaa kaleee)...bisa meminimalisir anggaran buat biaya transport...

Petualangan saya bermula di tahun 2012 Bulan Mei...yah walaupun sejak remaja udah sering "melalak" sendiri kemana2...tapi masih dalam batas Pematang Siantar-Parapat dan sekitarnya...nah pas menikah ternyata saya dan suami punya hobi yg sama sehingga makin sering berkeliaran berdua dan ketika punya anak...anak2 kami ajarkan juga untuk kemping..jalan2 ke berbagai tempat...dengan syarat harus punya uang tabungan...yaah namanya juga anak2 tentu kadang tabungannya jauuuuh banget dari kata memenuhi standar yg telah ditetapkan...tapi its ok...yang penting dia serius buat nabung dan ada hasilnya...sekalian menumbuhkan pendidikan bahwa untuk sesuatu harus mau mengorbankan sesuatu...ya pengurangan uang jajan adalah salah satu bentuk pengorbanannya...dan itu harus diapresiasi...prook..prookk...Setelah melobi teman di Surabaya tentang tanggal keberangkatan saya...maka dengan duduk manis di Air Asia dari bandara Polonia (belum pindah ke Kuala Namu)...saya pun sampai di bandara Juanda Surabaya sekira pukul 14.30 Wib...dilanjutkan dengan naik motor yg dibawa oleh teman saya menuju kerumahnya di samping ITC Surabaya...duduk2 sebentar...dan ternyata istri beliau sedang kerja di pabrik...dan untuk menghindari fitnah...qeqeqe (siapa tauuu.)..akhirnya saya mengajak putranya teman saya itu untuk keliling Surabaya dengan menumpang becak yang saya tawar di depan ITC...akhirnya disepakati harga 50 rebu buat saya keliling dengan agenda tempat yang saya berikan ke pak becak...triiing...dimulai dari Jembatan merah waah...jadi inget lagu Eyang Gesang yang suka banget diputer sama almarhumah ibu saya dengan judul yang sama...plus inget juga pernah baca cermis soal perempuan di Jembatan Merah...wkwkw...sebodo ah...yang penting narsis...asli dikepala saya kirain jembatan itu yaah jembatan gede semisal Aur Duri di Jambi...walaah ternyata biasa saja...cuma emang dari jauh udah kelihatan mencorong meraah...nyualaa apalagi ditengah siang yang panas...akhirnya saya bergaya bak bintang iklan sabun mandi di jembatan merah sambil cengar cengir dibawah arahan potografer ga profesional banget ya bapak becak itu yg jadi potografer dadakan saya dengan upah 50 rebu plus
becak...wkwkwkwkwkwk.. selanjutnya kembali menyusuri jalan Jembatan Merah lihat kiri kanan bangunan2 peninggalan kolonial yang ada disepanjang jalan itu... hingga sampai ke Patung Pak Jenderal Polisi R.S Soekanto...foto lagi..cekrik..cekriikk..semangat bener deeh padahal mata saya sambil cengar cengir menahan sinar matahari Surabaya yang nyelekit tapi demi foto narsis ga apa deh...
Becak pun kembali dikayuh kembali dengan guide dadakan pak becak itu (namanya saya lupa)...beliau menerangkan berbagai tempat yang kami lewati...hueebaat deeh...ga sia2 jadinya saya bayar 50 ribu (yang kata temen saya itu kemahalan)...tapi dengan penjelasan itu dan santainya becak berjalan saya rasa itu sangat pas lah...sampailah kami di Tugu Pahlawan Surabaya disini juga dengan suara penuh kebanggan sebagaimana cerita di Jembatan merah tentang heroik arek2 Suroboyo si Pak Becak bercerita...dan kembali mengarahkan saya di spot2 mana aja potonya...hadeh...selesai masang tampang cengiran di Tugu Pahlawan pas tepat depan Kantor kegubernuran kembali becak dikayuh dan mengarah ke arah Tunjungan Plaza...lalu ingat lagi lagu Koes Plus..rek..ayoo reek mlaku..mlaku ning Tunjungan...waaah...ini dia ternyata...heheh...kembali jalan disusuri sehingga melewati sepnjang Kali mas yang konon katanya dulu merupakan jalur transportasi air ke arah Tanjung Perak dan merupakan tempat berbagai peperangan mulai zaman dulu bahkan mulai zaman Majapahit..sampai juga kami diTaman Budaya Surabaya...saya berhenti dan melihat2 ke dalam saya melihat banyak wisatawan2 juga yg dadakan atau tidak sedang berfoto2 disana menikmati Taman Budaya ini yang kebetulan tidak ada acara karena mungkin juga bukan hari libur..lalu becak dikayuh kembali melewati kantor Balai Kota surabaya..okeeeee syuuttt gila bener jalanannya licin kincloong broow...tanpa sampaah..muluuuzzz...sampailah kami ke Monkasel setelah melewati Kompleks Angkatan laut (?) dengan membayar goceng saya masuk ke Monkasel alias Monumen Kapal Selam...begitu masuk ke kapal selam ini yang konon telah ikut pertempuran di Irian Barat...kita akan disambut oleh Bapak dari Angkatan Laut yang bertugas untuk memberikan keterangan seputar Kapal Selam ini..sejarahnya dan bagian2 dari Kapal Selam ini...waaah..melongo deeh gitu masuk kedalamnya...banyak ruangan..ada ruangan kapten..untuk peluru kendali...dan bagian2 lain..puas menikmati Monumen Kapal Selam ini..Pak Becak menawarkan ke saya untuk mengunjungi Masjid Laksmana Cheng Ho...waah..pdhal didaftar yang sy berikan ga ada...tentu saja saya sambut gembira..hayooo kemonlah pak...sementara si hakim anak temen saya itu udah gelisah mungkin takut diculik kali yaa...hahaha.. Sampai di Mesjid yang menyatu dengan Yayasan Laksmana Cheng Ho yang terdiri dari sekolah dan lainnya yayasan sosial...saya memasuki areal ini dan kebetulan sudah ashar jd saya menyempatkan diri sholat di mesjidnya...di bagian belakang dekat tempat wudhu ada relief didinding yang menggambarkan Sosok Laksmana Cheng Ho dan Kapal Beliau ketika memasuki perairan Surabaya...mesjidnyaa kecil tapi luas..nah lho gimana tu..kecil tapi luas...yaa unik gitu khas dengan arsitektur Cina...dominan warna merah dan kuning...selesai sholat ashar sy meminta difoto pada anak2 sekolah yang banyak disana mungkin sedang ekskul kali yaa...pada maen basket...badminton atau sekedar jadi penonton dipinggir lapangan..waaah...kereen
Selesai dari Mesjid Cheng Ho...kami menuju Makam Kanjeng Sunan Ampel...disini sudah terasa aura seorang waliyullah itu...membuat kerinduan...membuat kemakmuran bagi masyarakat sekitar dengan berdagang disekitar Pintu masuk ke Makam beliau...menuju makam Sunan Ampel..akan berjejer para pedagang tasbih...batu akik...parfum..mukena...pakaian..buah2an..dan makanan2...saya memberikan uang 10 ribu buat si bapak Becak untuk membeli mie pecel dan minuman sementara menunggu saya berjaan menuju Makam Sunan Ampel dan Melihat masjid beliau...dan banyaaak banget para peziarah yg datang dari penjuru surabaya...madura..bahkan dari luar pulau dan negeri untuk menziarahi beliau..subhanallah..orang Soleh itu ya walau sudah lama tidak ada tetap menyiratkan cahaya kewaliannya..cahayanya sebagai kekasih Gusti ALLAH...selanjutnya karena hari sudah hampir magrib saya bergegas kembali ke becak dan kami kembali ke rumah teman tersebut..malamnya istri teman saya pulang kerja...dan sy beristirahat dikamar yg sudah disediakan setelah ngobrol ala kadarnya dengan mereka...capeek boo'...hahah
Keesokan paginya...saya diajak berbelanja ke pasar oleh istri teman saya itu..lalu yaah masak bareng2 seperti sudah lama sekali ga ketemu..pdhal baru itu ketemuan...hahah..sambil masak disertai gurauan2..lalu selesai masak dan sarapan pagi...saya beristirahat karena istri mas muktar masuk siang kerjanya..setelah mengantar istrinya kerja..mas Muktar mengajak saya jalan kerumah ibunya di pacar kembang...(bukan pasar kembang...hahaha)...lalu sorenya mengajak mengunjungi taman Bungkul...yang ternyata masya ALLAH bersihnya...emang ga salah deh kalo dapat Gelar taman paling bersih se Indonesia...untuk bermain skate board dan sepeda serta taman keluarga..emang yahud...jadi mikir Medan kapan punya taman sebegini bersih bebas sampah dan bau pesing..qeqeqe...ternyata disebelah Taman Bungkul ada lagi Makam Wali yang bergelar Sunan Bungkul yang katanya merupakan mertua dari Sunan Ampel..sempat sholat dimesjid diareal makam beliau..dan pas berdiri dibawah pohon mengkudu...ada sebuah yang jatuh didekat saya tapi masih mengkal tapi kemudian dibawa pulang oleh mas Muktar dan pas dirumah saya makan ga sepet malah manis...hihih..Di areal Makam Sunan Bungkul ini ada beberapa rumah keluarga dari penjaga makam...dan jelas2 tertulis untuk tidak melakukan kesyirikan (manteeeb) saat berziarah...yaah tau ndiri kan kadang kita lupa kalo udh berbau2 gaib gitu...dan suasananya tidak ramai dengan pedagang asesoris seperti di makam Sunan Ampel..tapi diareal ini ramai dengan penjaja makanan khas surabaya...asyiik dah pokoke...dengan harga terjangkau...aslii...jadi kalo sampeyan berkunjung kemari dan makan di sini dijamin kantong ga kedodoran kecuali nraktir org sekampung...hahaha..

Selepas dari sini..pulang kerumah...ternyata istri mas muktar udah pulang...dan ada mas Muktar menjemput mas Muslich yang akan tiba juga di Surabaya dari kebumen...baguuuss...makin rame ne...karena emang udh saling kenal di facebook dan kontak2an kalo mau ke Surabaya suruh ngabari beliau...yah malam ini ditutup dengan acara guyonan dan akhirnya menuju kamar masing2...saya tidur dengan istri mas muktar dikamar lantai 3...lantai 2 soalnya buat anak kos...hehe...esok sorenya gantian saya yg mengajak mas muslich buat ke makam Sunan Ampel..lalu makan malam di seputaran situ...dan janjian ketemuan dengan mas muktar setelah menjemput istrinya untuk ke Markas para Bonek di Gelora 10 November...hahah...weeiih menikmati malam di luar stadion yang rame dengan org2 yang juga menikmati malam minggu dengan membawa keluarga atau pasangan masing2 dan ...di daerah ini banyak yg jual makanan2.. kaos2 persebaya...atau asesoris bola...dan juga kaos2 dari Persepam Madura atau tempat lain..lalu perjalanan malam itu menuju Tugu Surabaya yang terkenal dengan ikan hiu dan buayanya...berhubung udh malem maka baru saja ditutup...dan ada pak Penjaga dari angkatan Laut yang menjaga pintu depan...saya meminta izin untuk bs masuk dan berfoto sebentar aja..dengan sok kenal sok dekat...:merayu" biar dizinkan masuk...wooow...ternyata rayuan saya berhasil kami diperbolehkan masuk..bahkan dianterin lagi ampe ke tugu Surabaya dan satu lagiii gratiiizzz...pas ditanya ma yg jaga bagian dalam saya bilang kalo saya sodaranya Pak X yang jaga didepan...seperti pesan beliau.....hahaha...diikuti pandangan melongo mbok seh istri mas muktar melihat aksi saya ngobrol dengan Para Penjaga pintu depan yang merupakan areal angkatan laut itu...dan saya kenalkan mas muktar...mas muslich..dan mbok seh (demikian saya memanggil istri mas muktar)...setelah puas berkeliling kami memutuskan untuk pulang karena ngantuk banget dan besok sore akan mulai perjalanan ke jogja dengan menumpang kereta api..walau sebenernya masih banyak yang belum dikunjungi tapi Insya ALLAH saya akan mengunjungi Bulan Mei tahun ini.
Lain waktu akan saya tulis mengenai ngebackpacker di Jogjakarta..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar