Selasa, 06 Maret 2012

CARA MURAH MERIAH AGAR ANAK TETAP SEHAT

Untuk sehat, ternyata tidak perlu mengeluarkan dana besar yang bisa menjebol kantong Anda. Ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan agar dapat hidup sehat. Apa sajakah?


Waspadai cacingan
Untuk anak-anak, ada kemungkinan berat badan kurang memang disebabkan oleh cacingan. Namun, ada baiknya hal ini diperiksakan dulu.Pemberian obat cacing tanpa dasar justru akan merugikan anak. Pun, berdampak finansial. "Kalau ternyata tidak dibutuhkan, obat cacing akan memperberat kerja hati," papar dr Kartono Muhammad yang pernah menjabat sebagai ketua Ikatan Dokter Indonesia itu.

Buah, buah, dan buah
Kapan waktu terbaik untuk memakan buah. Jawabannya akan berbeda untuk yang kegemukan dengan yang berat badannya kurang. "Makan buah dulu sebelum makanan utama supaya terasa kenyang dan Anda yang obesitas dapat mengurangi makan," saran dr Fiastuti Witjaksono SpGK
.
Jika Anda dan keluarga mulai bosan memakan langsung buah-buahan, coba cara lain untuk menghidangkannya. Mengolahnya dengan blender dan juicer bisa menjadi alternatif. "Hanya saja, dengan juicer, ampas buah terbuang hingga jusnya jadi cuma ada vitamin dan elektrolit namun miskin serat,"

Tahukah Anda manfaat buah dapat terbuang dalam proses penyajian? Untuk menghindarinya, konsumsi buah segera setelah dikupas. "Panas matahari dan sinar mentari dapat membuat buah yang telah dipotong menjadi teroksidasi," Ingin membeli jus buah kemasan? Manfaat buah hanya akan Anda dapatkan dari produk yang betul-betul diproses dari buah asli. "Hindari minuman yang hanya berperisa buah," Lantaran untuk konsumsi harian, Fiastuti mengingatkan masyarakat akan keberadaan pengawet dalam jus buah kemasan. Sebagai gantinya, produk yang diproses dengan UHT dapat menjadi pilihan. "Proses pemanasan tinggi selama satu-dua detik dapat menghilangkan kuman tanpa merusak kandungan vitamin dan mineral pada buah," Sebagian orang suka menambahkan gula, susu, atau madu pada jus buahnya. Baikkah itu? "Sebetulnya, jika rasa manis yang ingin didapat, Anda dapat mencampur buah seperti jeruk dengan stroberi,"

Siapkan Variasi Menu untuk Anak
Para ibu diharapkan mampu memasak bahan makanan secara bervariasi. Lele, misalnya, bukan cuma bisa digoreng biasa. "Coba dibikin nugget atau kaki naga, anak-anak pasti suka," ujar Yuninda, dosen di STIKES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar