Senin, 06 Februari 2012

MENGERUK UNTUNG DARI BUDIDAYA LELE DILAHAN SEMPIT

WEEIS... Pasti tau dong dengan ikan "kampung" yg satu ini...jenis ikan air tawar yg sangat disukai karena rasanya yg gurih dan bisa dijadikan masakan apa saja termasuk di buat ikan asap...wiiih...enyak tu apalagi pakai sambel jeruk dan gulai daun ubi tumbuk, heheheh...dan disetiap pasar akan sangat mudah kita jumpai...punya kumis dan warnanya hitam...ikan apaakah itu?? hmm...Betuulll...LELE!!..
Mungkin anda akan bertanya kok budi daya ikan lele ini dikatakan menguntungkan ya...waduh...tingkat penjualannya dan angka permintaan pasar yg tinggi akan membuat anda berpaling untuk mulai memikirkan beternak ikan ini...ga perlu lahan luas berhektar2.....asal punya lahan 2-3 meter saja sudah cukup....anda mulai bisa memanfaatkan lahan sempit dibelakang rumah atau didepan rumah yg selama ini terabaikan...yuk kita lihat bagaimana cara budi daya lele dilahan sempit....
Lahan yang tersedia bisa Anda gunakan untuk ruang kolam yang Anda buat dengan kerangka kolam menggunakan terpal atau tong, sekalipun hanya 2 m².
Setiap kapasitasnya, disesuaikan dengan ukuran yang dibuat. Selanjutnya, Anda tinggal mengontrol air, pakan, dan melakukan pencegahan dari hama dan penyakit. Hanya dalam hitungan bulan, Anda sudah bisa memanen dan menikmati hasilnya.

Jika dilakukan secara serius, budi daya perikanan di lahan sempit ini bisa meningkatkan penghasilan Anda, menambah gizi keluarga, bahkan menciptakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang.
Dari sini kita mengenal cara beternak lele dengan sistem kolam terpal.Adapun cara membuatnya sangat mudah sekali yaitu :

- Buat rangka dari bambu atau kayu dengan bentuk kubus ukuran terserah sesuai lahan (contoh ukuran 2 m x 3m x 1m) , setelah rangka jadi tutup tiap dinding dengan papan atau sesek kecuali bagian atas biarkan terbuka.
- Pasang terpal sesuai ukuran dengan rapi , gulung bagian atas jika masih lebih.
- Isi dengan air sampai ketinggian 50 cm.

Nah kolam sudah siap diisi dengan benih lele. Untuk pengisian isilah kira kira 500 ekor benih lele.Pelihara kira kira sampai 3 bulan.Lele sudah siap jual, nah mudahkan

Ya...tinggal di kalikan sajalah dengan seharga Rp 15.000,-/kg jika dr panen itu mendapatkan lebih kurang 50 kilo atau lebih...hehehehe





1 komentar:

  1. kalau usaha sudah berjalan baik maka produk bisa dipasarkan secara online salah satunya dengan cara jualan di facebook.

    BalasHapus